Selasa, 30 Juli 2019

Mengenal VBScript

VBScript adalah bahasa scripting dengan perintah-perintah Visual Basic. Kata "scripting" disini yang membedakan VBScript dengan program Visual Basic desktop, semacam VB 6 atau Visual Studio lainnya. "Scripting" berarti Anda mengetikkan perintah yang disimpan tetap dalam bentuk teks ASCII. Jadi...orang-orang bisa membaca "VBScript" Anda hendak melakukan apa. Bandingkan dengan VB desktop, yang ketikan programnya harus dibuat file exe terlebih dahulu.

Apabila Anda sudah pernah mengenal program berupa batch file, maka VBScript bisa dikatakan "batch file" yang berjalan di lingkungan Windows dan browser Internet Explorer.

File VBScript tergantung dari keberadaan dua file: vbscript.dll dan jscript.dll.  Dua file ini harus diregistrasi terlebih dahulu  dengan perintah:

regsvr32 vbscript.dll

regsvr32 jscript.dll

Keuntungan:
Kenapa harus menulis VBScript, apabila kita bisa menggunakan aplikasi buatan VB Desktop? Lagipula program VBScript kan bisa dibaca orang?

VBScript adalah program gratis. Bahkan Anda hanya perlu aplikasi penulis file teks seperti Notepad saja untuk membuat programnya.

VBScript dapat digunakan untuk mengotomatisasi program yang dilakukan berulang-ulang dengan cepat, sebab dibuat hanya diketikkan di notepad saja. Anda tidak perlu membuka IDE Editor seperti Visual Studio, yang jelas-jelas membutuhkan memori yang lebih banyak.

File VBScript berukuran kecil karena cuma file teks biasa. Bandingkan dengan file exe buatan VB.

Kerugian
Tidak semua kekuatan VB Desktop dipunyai VBScript.

VBScript membutuhkan file ijin khusus atau file lain. Jika ijin tak diberikan atau file tersebut dihapus, VBScript tidak dapat dijalankan.

VBScript dapat dibaca oleh orang biasa. Jika Anda menuliskan VBScript yang berhubungan dengan tugas administrator, Anda harus punya strategi khusus.

Marilah kita sedikit mengenal VBScript dengan membuat perintah-perintah sederhana saja. Anda hanya membutuhkan editor semacam Notepad saja untuk menuliskan kode program. File tersebut disimpan dulu dengan ekstensi vbs sebelum dijalankan.

Menampilkan kotak pesan:
Buka notepad. Ketikkan kode berikut dan simpan file tersebut dengan nama apa saja dan berekstensi vbs.

MsgBox("Selamat Datang di VBScript")




Menjalankan file tertentu:
Saya akan menjalankan file exe bernama: ppic.exe.

Set jalankanProgram = WScript.CreateObject("WScript.Shell")
jalankanProgram.Run ("ppic.exe")

Menerima Masukan dari User:
bil1 = InputBox("Masukkan Bilangan 1: ")
bil2 = InputBox("Masukkan Bilangan 2: ")
WScript.Echo "Hasil " & bil1 & " dan " _ 
& bil2 & " adalah " &  bil1 * bil2







Menjalankan Perintah DOS.
Pada program dibawah ini, saya akan melakukan perintah melihat isi direktori dengan "dir *.*" dan memasukkan hasilnya ke dalam file text bernama dir.txt.

Set jendela = _ 
WScript.CreateObject("WSCript.shell")
tempatFileDos = _ 
jendela.ExpandEnvironmentStrings("%comspec%")
jendela.run (tempatFileDos & " /c dir d:\*.* > dir.txt")

Mengenal VBScript Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.