Rabu, 02 Juli 2014

Membuat Control Secara Pemrograman

Lewat visual basic, kita dapat mendesain form dengan mudah. Kontrol-kontrol yang kita inginkan tinggal kita drag dari tempat control ke form. Selanjutnya kita tinggal memasukkan kode program untuk kontrol yang bersangkutan. Dalam penjelasan berikut ini, saya berusaha mengambil sudut pandang yang berbeda, yaitu dengan cara diprogram.
Pertama-tama, buat deklarasi variabel pointer dengan Dim sebagai berikut:

Dim WithEvents cmdTutup As VB.CommandButton
Dim WithEvents txtNama As VB.TextBox

Perintah Dim adalah dari kata Dimension, yang digunakan untuk menyatakan bahwa ada suatu variabel. Perkataan Dim sudah ada sejak VB versi dos. Pernyataan WithEvents menyatakan bahwa cmdTutup nantinya akan mempunyai Event yang akan kita buat nantinya.
Baik vb.CommandButton dan VB.TextBox adalah tipe data obyek, dengan pernyataan cmdTutup as VB.CommandButton adalah menyatakan bahwa variabel cmTutup bertipe VB.CommandButton.
Pada Event Load di Obyek Form tulis kode berikut:

Private Sub Form_Load()
Set txtNama = Controls.Add("VB.CommandButton",  "txt1", Me)
Set cmdTutup = Controls.Add("VB.CommandButton",  "cmd1", Me)

Visual Basic akan menyimpan control pada Form pada Control Collection. Sehingga jika menambahkan control pada saat program berjalan, maka adalah tugas programmer yang menambahkan secara manual. Perintah Control sendiri adalah perintah untuk membentuk obyek baru. Dua parameter dibutuhkan. Pertama, tipe obyek. kedua adalah nama baru obyek. Sementara VB sendiri adalah fungsi dengan banyak property dalam visual basic dan Me adalah variabel untuk form tempat control tersebut diletakkan.
Obyek yang terbentuk masih belum akan tampil, meski sudah terbentuk di memori. Ada beberapa property yang harus diatur agar obyek tersebut mempunyai penampakan. Property yang harus diatur adalah: Jarak dari kiri, Jarak dari atas, lebar dan tinggi.

lblNama.Move 200, 500, 1000, 500
txtNama.Move 500, 300, 2000, 400

Property Move mempunyai sintak:
Move JarakKiri, JarakAtas,Lebar,Tinggi
Kalau anda tidak menyukai perintah diatas karena susah mengingat mana dari parameter diatas yang untuk ukuran JarakKiri, JarakAtas dan sebagainya, maka anda dapat memecahnya sebagai berikut:

lblNama.Left = 200
lblNama.Top = 500
lblNama.Width = 1000
lblNama.Height = 500

Penjelasan diatas hanya menyatakan keberadaan obyek. Obyeknya sendiri masih belum kelihatan. Agar dapat terlihat, maka property Visible diatur ke true

txtNama.Visible := true;
cmdTutup.Visible := true;

Jika kita mempunyai button, tetapi tidak dapat melakukan aksi, lantas buat apa dibentuk? Baiklah sekarang kita membuat event untuk cmdTutup. Kode yang kita masukkan adalah untuk menutup form.Tombol tutup akan kita isi dengan:

Private Sub cmdTutup_Click()
   Unload Me
End Sub

Adalah hal yang perlu diingat, bahwa obyek-obyek yang dibuat pada penjelasan diatas adalah pointer. Obyek tipe ini memakan memori. Dengan demikian obyekyang terbentuk dapat di hapus untuk menghemat memori setelah tidak terpakai dengan perintah:

set txtNama = Nothing

Membuat Control Secara Pemrograman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.